Enaknya berapa kamar?

Ini tentang kamar tidur, bukan kamar lain seperti kamar mandi, kamar belajar, kamar bermain, atau yang lainnnya.  Dengan budget tertentu seseorang bisa dengan leluasa memilih rumah dengan jumlah kamar yang dia sukai.  Sementara dengan budget yang terbatas, tipe 21 hingga 36 dengan hanya 1 atau 2 kamar tidur barangkali hanya satu-satunya pilihan.  Tapi, tampaknya tidak hanya budget yang perlu kita pertimbangkan untuk memilih kamar.  Pertimbangan lain adalah berapa banyak yang anak yang ingin kita miliki.

Grafik berikut saya olah dari data yang saya copy dari www.nationmaster.com.  Grafik yang memperlihatkan hubungan antara rata-rata banyaknya orang di setiap kamar tidur dengan prediksi tingkat pertumbuhan penduduk dari berbagai negara.  Korelasinya cukup besar, yaitu 0.59 untuk Pearson Corr dan 0.56 untuk Spearman Corr Coef.  Negara dengan kamar tidur yang banyak penghuninya, cenderung tinggi tingkat pertumbuhan penduduknya.

Tentu ini tidak selalu bicara sebab akibat.  Bisa didebat, apakah gara-gara satu kamar banyak orang jadi banyak yang hamil terus pertumbuhan penduduk tinggi.  Ataukah karena pertumbuhannya tinggi, makanya satu kamar terpaksa diisi banyak orang.  Namun karena data jumlah orang per kamar adalah data tahun kemarin, sedangkan pertumbuhan itu proyeksi ke tahun 2050, pendapat pertama mungkin masuk akal.

Yang menarik lain dari gambar ini adalah:

  • di beberapa negara, meskipun satu kamar rata-rata penghuninya gak sampai 1 orang, tapi pertumbuhan penduduknya ada yang tinggi.  Negara itu adalah AMERIKA, BRAZIL, CANADA, NEW ZEALAND.  Kenapa nih…
  • yang paling tinggi pertumbuhannya, adalah yang satu kamar berisi 1.5 sampai 2 orang, ya.. 2 orang lah.  Mungkin karena gak ada yang ganggu, jadi gampang buat anak.
  • meskipun tidak terlihat jelas, untuk kamar dengan lebih dari 2 orang, ada tren pertumbuhan penduduknya turun.  Gangguan mulai ada.

Tambahnya program pemerintah membangun RSS dengan tipe kecil, bisa dijadikan sarana tak langsung untuk menekan pertumbuhan jumlah penduduk.  Siapa tahu…

Advertisements

5 responses to “Enaknya berapa kamar?

  1. Tapi yang ngamar sendiri n<=1, proyeksi penduduknya sudah tinggi, berarti bisa ngajak kencan orang luar, nggak ada yg ganggu lagi! he…he…. 🙂

  2. wah pak bagus bisa ajah

  3. #mas andi
    bukan begitu kali mas… tapi kalau mau gitu, ya terserah sampeyan aja deh. 🙂

  4. Ehm… 2 tahun lalu kayaknya aku termasuk yang 1.5-2 itu deh… :)). Habis itu masuk ke yang 2 ke atas…

  5. Selamat Siang. Seorang teman memberikan lnk blog ini sya bisa ke blog ini,
    setelah saya baca-baca ternyata konten-kontennya sangat informatif dan banyak issi ang sangat banyak manfaatnya.
    Minta izin membookmark dan sharing beberapa tulisan ke sosial media saya ya sekalian bbiar
    blog anda tambah banyak pembacanya. Semoga di perbaharui erus ya blognya.Salam Hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s