Merencanakan Climate Survey

Kutipan jawaban saya atas pertanyaan teman…..

Pertanyaannya begini:
di kantor saya kan tingkat turn over karyawannya lumayan tinggi..
saya sebelumnya sudah melakukan survey, posisi apa yang paling tinggi tingkat turn overnya berikut alasannya (sudah ada hasilnya). sekarang, saya ingin melakukan Climate Survey untuk memahami iklim kerja di masing- masing unit kerja baik di Kantor Pusat, Regional Maupun cabang?

rencananya saya mau menggunakan IPA…. kuesionernya sudah saya rancang, tapi saya masih bingung dalam pemilihan metode survey nya. atasan saya maunya seluruh pegawai di jadikan responden, tapi kan sangat banyak sekali. membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit…
metode survey apa yang paling cocok untuk kondisi seperti itu?

Melakukan pengambilan data terhadap semua orang memang akan melelahkan, tapi kalau hasil hitung-hitungan waktu dan biaya tidak ada masalah ya monggo saja.  Saya asumsikan hitungannya menyebut angka yang tidak reasonable sehingga sampling survey menjadi pilihan.

Beberapa pertanyaan awal yang harus dijawab sebelum merancang proses survey dan saya sarankan untuk dicari adalah:

1.  Pengambilan kesimpulan mengenai iklim kerja dilakukan di level mana?  Level perusahaankah?  Level Regional kah?  Level cabang kah? atau per bagian/divisi kah?  Kenapa ini penting…  Kalau kita mau buat sebutlah deskripsi iklim kerja di setiap cabang, maka harus ada responden dari setiap cabang.  Tapi kalau yang mau dibuat di level perusahaan, maka gak perlu data dari setiap cabang.

2.  Bagaimana variasi iklim kerja di perusahaan ini?  Apakah ada perbedaan antar cabang?  Apakah ada perbedaan antar divisi?  atau justru sama saja?   Ini sebenarnya akan mengarahkan kita untuk memilih cluster sampling apa stratified sampling.  Variasi saya kira bisa dilihat dari data turn-over yang katanya sudah dikumpulkan.  Mudah-mudahan datanya cukup detail untuk dapat memperoleh informasi variasi ini.

3.  Ini terkait dengan proses pengambilan datanya (termasuk organisasi pelaksanaan dan desain instrumen): interviewed atau self-administered.  Apa teknologinya tersedia untuk melakukan pengisian kuesioner online?  atau via e-mail?  Seberapa rumit informasi yang ingin didapatkan?  Apa harus menggunakan tenaga khusus untuk melakukan wawancara? dsb. dsb.

Mudah-mudahan dengan berbagai pertanyaan di atas, bisa membantu.  Temen2 lain silakan saja kalau ingin menambahkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s