Menggabung variabel

Sering sekali para peneliti menggunakan beberapa pertanyaan untuk menangkap informasi suatu variabel. Misalnya saja untuk memperoleh informasi mengenai seberapa besar minat responden terhadap Pemilu, mereka ditanya tentang aktivitas baca koran, aktivitas nonton berita TV, aktivitas diskusi politik, dan sebagainya. Permasalahan yang sering kali muncul adalah proses penggabungan dari beberapa pertanyaan tadi menjadi satu variabel sehingga analisisnya menjadi lebih mudah.

Ini kutipan jawaban saya dalam suatu milis tentang hal tersebut. Hasil penggabungan variabel akan digunakan oleh yang bersangkutan dalam analisis regresi.

Dalam kuisioner yang saya distribusikan, terdapat 5 independent variabel dimana masing2 independent variabel tersebut terdiri dari 3-5 pertanyaan. Bagaimana data dari 5 pertanyaan tersebut diolah sehingga dapat mewakili suatu variabel independent? Saya sangat bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan

Dear ***,
ada beberapa cara yang dilakukan orang mulai dari yang sederhana sampai yang agak rumit untuk menghadapi model regresi yang dihadapi, terutama dalam hal menjadikan beberapa item pertanyaan menjadi satu variabel.

Sebelumnya, pastikan dulu bahwa setiap kelompok item (yang mau dijadiin satu) sudah reliable. Penggunaan cronbach’s-alpha saya kira sudah cukup.

Beberapa alternatif analisis yang bisa mbak lakukan adalah:
1. Secara sederhana, penggabungan dapat dilakukan dengan menjumlah atau merata-ratakan beberapa pertanyaan menjadi satu variabel. Ini yang paling gampang. Kalau sudah dirata-ratakan, misal ada tiga pertanyaan kemudian dapat rata-rata untuk setiap responden, lakukan ini untuk setiap kelompok variabel, maka regresi tinggal mengikuti saja menggunakan variabel gabungan tadi.

2. Yang juga bisa dilakukan adalah menggabung; tapi ada bobot untuk masing-masing pertanyaan. Kalau cara pertama disebut simple average, yang ini disebut weighted average. Bobotnya tentu berdasarkan keahlian ***. Misal pertanyaan pertama bobot setengah; pertanyaan kedua seperempat; pertanyaan ketiga seperempat. Jadi variabel gabungan didapat dari
gabungan = 0.25 p1 + 0.25 p2 + 0.25 p3
Pertanyaan paling penting diberi bobot lebih besar

3. Teknik yang juga bisa dilakukan adalah Factor Analysis. di SPSS *** bisa cari menu Variable Reduction (di Analyze). Kemudian pilih option, number of factor = 1, artinya tiga variabel tadi mau direduksi jadi 1. SPSS akan menghitung bobot yang optimal untuk masing2 variabel. Topik factor analysis ini biasanya ada di buku-buku multivariate analysis. Lakukan ini untuk setiap kelompok variabel.

4. cara lain yang bisa dilakukan adalah penggunaan SEM (structural equation model). basic-nya sih factor analysis juga. Software yang biasa dipakai orang LISREL sama AMOS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s